Join This Site
Kegiatan  Penebangan kayu HTI merupakan inti dari proses pembangunan hutan industri, dimana kayu dipanen atau penebangan kayu setelah menunggu 5(lima) tahun lamannya untuk dipindahkan dari lokasi hutan ke pabrik pengolahan  untuk diolah menjadi bahan baku kertas (pulp). Pada umumnya penebangan kayu dilakukan oleh tenaga kerja manual menggunakan alat chainsaw, selain itu juga ada teknologi mekanisasi menggunakan harvester head baca juga Mekanisasi penebangan sayangnya mekanisasi harvester dengan alat excavator attactment headnya terlalu besar dan kurang cocok untuk pemanenan HTI untuk jenis tanaman eucalyptuse atau acasia , head terlalu besar dan daya jepit kurang kecil serta dari segi cost lumayan tinggi.

Seiring dengan kemajuan jaman, untuk mencari tenaga kerja chainsaw sudah mulai agak susah dan kalaupun ada diambil dari tenaga kerja dari luar daerah. Maka dicari alternatif yang cocok untuk biaya HTI di Indonesia yaitu dengan menggunakan mekanisasi yang sedikit hemat dari harvester sebelumnya, yaitu dengan Mini Harvester, suatu bentuk perpaduan antara mini excavator misalnya Kubota KX080-4 mesin 4(empat) silinder dengan headnya punya Kesla 20SH yang bentuknya lumayan ramping dan mudah pengoperasiannya juga perawatannya. Baik kita urai satu per satu specifikasi dari alat mini harvester ini :

MINI EXCAVATOR

Jenis excavator untuk mini harvester ini dengan menggunakan mini excavator punya Kubota KX080-4, excavator ini dengan berat total sekitar 8 ton, dapat memberikan semua tenaga yang dibutuhkan berkat direct injection baru mesin diesel dengan Common Rail System (CRS) dan Diesel Particulate Filter (DPF) Muffler, serta sejumlah fungsi dan peralatan termasuk ECO PLUS.

KUBOTA KX080-4 dengan dua kontrol sirkuit tambahan
Kubota KX080-4 dilengkapi dengan :
- Auto Idling System, Kubota auto idling system dipasang sebagai standar, ketika tuas kontrol yang tersisa di netral selama lebih dari 4 detik, sistem idling secara otomatis mengurangi mesin untuk idling RPM. Ketika tuas dipindahkan lagi, RPM mesin segera ulang ke RPM Dial-Set. Fitur inovatif ini mengurangi kebisingan dan emisi gas buang, selain menghemat energi dan biaya operasional.

- Load-Sensing Hydraulic System , sistem hidrolik load-sensing kubota ini memastikan halus operasi, terlepas dari ukuran beban . Hal ini memungkinkan minyak hidrolik mengalir sesuai dengan rentang tertentu gerak tuas operator. Akibatnya , mengurangi konsumsi bahan bakar dan memberikan yang lebih besar kinerja operasional secara keseluruhan .


Jangkauan Lengan Ayun

HARVESTER HEAD

Attackment dari harvester head ini melengkapi kinerja excavator kubota KX080-4 dengan merek dagang KESLA 20SH Stock head. Kesla produsen terkemuka didunia dari stroke harvester telah maju teknologi Stroke harvester ke tingkat yang sama sekali baru. New Kesla SH II harvester head membawa banyak fitur dan komponen, teknologi pulse memungkinkan bahkan mesin dasar kecil dengan tenaga hidrolik untuk mencapai kekuatan delimbing besar. Oleh karena itu , Kesla Stroke harvester sangat baik dan cocok untuk platform excavator. Kekuatan stroke rahang cukup kuat, stroke harvester tak terkalahkan bahkan dalam hal kecepatan serta penggunaannya sangat lembut dan aman.
KESLA 20SHK
KESLA 25SH-II Stroke Harvester adalah yang terbaik untuk memproses pohon kokoh bercabang - berdiri atau di tumpukan - yang membutuhkan kekuatan delimbing substansial. Teknologi ini memastikan bahwa permukaan pohon tidak rusak , memfasilitasi lembut penanganan kayu berharga, dipotong untuk pemanenan pohon tegak berdiri serta pengolahandi tumpukan kayu. Diameter Pohon optimum adalah 40cm
KESLA 25RH-II


Untuk lebih jelasnya kinerja dari mini excavator Kubota KX080-4 dengan harvester head milik Kesla bisa dilihat pada penayangan vidio dibawah ini

Bisa di tonton di Youtube Klik DISINI
Atau
Bisa download vidionya klik DISINI

Demikian pembahasan pemanenan kayu mekanisasi hemat energi diawal tahun 2017 semoga dapat memberi manfaat buat sobat forestry dimana anda berada, dan terima kasih sudah sudi mampir di celoteh blog saya jangan lupa tinggalkan jejak atau mengisi buku tamu yah.... sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

0 komentar: