Join This Site
Sobat semua mesti tau yah untuk proses pembuatan jalan tentu banyak dibutuhkan banyak macam alat berat, seperti excavator, buldozer, grader maupun vibro roller.Banyak terjadi jalan di industri forestry rusak waktu akan dilakukan pemanen kayu, untuk itu perlu diperhatikan jenis alat dan metoda yang berbeda berdasarkan jenis dan kondisi tanah. Pembahasan kali ini adalah mengenal lebih dekat tentang alat berat untuk memadatkan jalan, orang lapangan biasa menyebutnya bomax, vibro, mesin gilas dll bahasa penyebutannya. Alat-alat untuk memadatkan tanah biasa yang kita lihat dilapangan berbagai macam bentuknya ada yang roda besinya berbentuk bulat dan bergetar, ada yang bentuknya ada benjolan besi dan macem-macemlah bentuknya, ternyata jenis mesin roller fungsinya berbeda-beda sesuai dengan bentuk peruntukannya.
Pada umumnya pemadatan tanah merupakan upaya mengatur kembali susunan butiran tanah agar menjadi lebih rapat sehingga tanah akan lebih padat.

Ada tiga faktor yang mempengaruhi proses pemadatan yaitu :

  1. Gradasi material yang akan dipadatkan
  2. Kadar air dari material
  3. Usaha pemadatan
Pemadatan juga dapat dilakukan dengan memberikan getaran, khususnya pada partikel - partikel yang kering dan seragam. Sedangkan pada material yang liat dan banyak mengandung air, pemadatan dapat dilakuakn dengan memberikan tekanan diatasnya. Pada kebanyakan tanah yang mengandung partikel halus dan sedikit lembab, pemadatan dilakukan dengan memberikan tekanan dengan berat yang tetap, getaran atau menggunakan ke duanya.

 Nah untuk itu  mari kita lihat macam dan jenis alat berat untuk memadatkan jalan.

1. TAMPING ROLLER

Tamping roller adalah alat berat yang fungsinya memadatkan tanah lempung atau campuran pasir dan lempung. Alat ini tidak dipakai untuk memadatkan dengan butir kasar, seperti pasir dan kerikil. Alat ini terdiri dari drum baja berongga yang dilapisi dengan kaki-kaki baja yang tegak lurus dengan las. Setiap roller atau rodanya mempunyai lebar dan keliling yang bervariasi. Setiap unit alat pemadat ini terdiri dari satu atau lebih roda. Metode pemadatan yang digunakan oleh alat ini adalah "peremasan".

2. TREE WHEEL ROLLER

Merupakan mesin penggilas beroda tiga. Tree wheel roller merupakan alat penggilas tertua dan sampai sekarang masih digunakan dalam pekerjaan-pekerjaan pemadatan, alat ini digunakan untuk memadatkan lapisan yang terdiri dari bahan-bahan berbutir kasar, misalkan untuk pembuatan jalan dan lain sebagainya.
Tree wheel roller mempunyai berat antara 6-12 ton, apabila ingin hasil pemadatannya lebih maksimal, roda silindernya dapat diisi dengan zat cair (minyak atau air) atau dapat juga diisi pasir. Usaha penambahan berat dengan zat cair atau pasir dapat meningkatkan berat alat 15% sampai 35%.

3. TANDEM ROLLER

Alat ini biasanya digunakan untuk penggilasan akhir, misalnya untuk pekerjaan penggilasan aspal agar rata. Tandem Roller memiliki dua jenis , yaitu two axle (berporos dua) tandem roller dan tree axle (berporos tiga) tandem roller. Tree axle tandem roller digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang berat seperti mengerjakan landasan pesawat terbang atau membuat pondasi jalan, atau fungsinya untuk pemadatan ulang setelah pemadatan dengan alat two axle tandem roller. Alat ini menghasilkan lintasan yang sama pada masing-masing rodanya dan beratnya berkisar antara 8-14 ton serta dapat ditambahkan 60% dari berat pemadatnya.
INTERIOR TANDEM ROLLER

4. VIBRATION ROLLER

Merupakan alat berat yang cara kerjanya menggunakan efek getaran  dan sangat cocok digunakan pada jenis tanah pasir atau kerikil berpasir. Dengan vibration roller ini , proses pemadatan tanah akan sangat mudah. Hal ini karena butir-butir tanah akan mengisi bagian bagian yang kosong.
Vibration roller adalah pemadatan yang sama dengan tipe tamping roller hanya saja dilengkapi dengan vibrator.

INTERIOR ROLLER

5. SEGMENT ROLLER / Sheep Foot Tire Rollers

Alat ini meripakan mesin penggilas yang memiliki roda tersusun dari lempengan-lempengan baja. Meskipun masuknya roda beserta lempengannya ke dalam tanah tidak terlalu dalam, alat ini mampu memberikan efek pemadatan tanah pada bagian bawah. Selain itu alat ini juga membantu menekan kelebihan air yang terkandung dalam lapisan tanah yang sedang dipadatkan, sehingga menjadikan tanah memiliki kepadatan yang maksimal. 



6. PNEUMATIC ROLLER

Alat ini juga sering disebut Universal Compactor, roda-roda penggilasnya terdiri dari ban karet yang dipompa. Roda-roda tersebut terkecuali dapat bergerak maju dapat pula digetarkan atau digerakkan naik turun untuk memberikan tumbukan yang kuat. jumlah roda gilas selalu gasal, misalnya 9 ( 4 roda depan dan 5 roda belakang). Alat ini beratnya sekitar 80 ton, dalam satu kali lintasan mampu memadatkan material timbunan sedalam 24 inci.
7.  TRENCH ROLLER

Alat penggilas khusus parit atau lubang galian, sehingga kontruksinya dibuat khusus sedemikian rupa agar sesuai untuk pekerjaan tersebut. Kemampuan roller ini untuk memadatkan galian parit sedalam 16 sampai 23 inci.



Mesin-mesin gilas/pemadatan diatas difungsikan sesuai dengan kondisi material tanah yang akan dipadatkan , seperti :
  • Tanah Plastis dan tanah kohesif, digunakan alat pemadat sheep foot roller atau pneumatic roller.
  • Material tanah pasir atau kerikil , digunakan mesin vibration roller  atau pnemautic roller.
  • Tanah lempung berpasair atau tanah liat, biasanya digunakan mesin gilas segment roller.
Semoga bermanfaat

1 komentar:

TracksNTeeth, Inc said...

I'm grateful for the information you've provided in this article. You have some fantastic photographs in the preceding article. Thank you so much for sharing it. Keep up the good work. Rubber tracks for Kubota