Join This Site
Hallo guyssss...
Udah cukup lama nih gak nulis di blog ini, rindu rasanya. oh ya guyss  saat ini penulis sudah tersita waktunya untuk mengurusin truck besar dan kapal-kapal, kebetulan saat ini banyak sekali permintaan konsumsi bbm solar untuk kapal-kapal, nah guysss pengen tau berapa konsumsi tugboat untuk perjalannya. Langsung guyss cara menghitungnya, dimulai lebih dulu kita ketahui bahwa tugboat itu memiliki 4 (empat) mesin yaitu :
  1. Mesin induk ada 2(dua) mesin, digunakan untuk siang dan malam
  2. Mesin untuk penerangan ada 2(dua) mesin juga sama digunakan untuk siang dan malam
Tugboat memiliki berbagai macam kecepatan tergantung untuk menarik kapasitas beban berapa ton, salah satunya disebut misalkan untuk menarik barge/ponton sekitar 3.000 ton bisa menggunakan tugboat Horse Power (HP) 1.000 HP atau jika untuk menarik beban 10.000 ton bisa menggunakan 1.400 HP.
Jadi disebut 1.000 HP, tugboat memiliki 2(dua) mesin jadi masing-masing 500 HP x 2 mesin = 1.000 HP.
Disebut tugboat 1.400 HP masing-masing 700 HP x 2 mesin = 1.400 HP.
Tugboat bisa menggunakan salah satu mesin untuk berlayar atau bahkan ke dua mesinnya, tergantung dari si capten sesuai dengan kondisi perairan dan cuaca serta kecepatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan sesuai scedul yang ditentukan.

Nah.... Guysss untuk mengetahui berapa sih minyak solar yang dibutuhkan untuk pelayaran pada suatu tujuan, berikut contohnya :

Rumus : 
Fuel Tugboat per jam (M/E) = HP x BD x umur mesin ( 0,08 s/d 0,20)
Umur mesin < 5 th = 0,08
BD = 0,85

Misalkan : 
Suatu Tugboat berlayar dari posisi A menuju dermaga di posisi B dengan menggunakan tugboat 1.200 HP dengan jarak tempuh 500 NM dengan kecepatan rata-rata 2 knot, berapa kebutuhan solarnya ?

Jawab :
1. Langkah menghitung kebutuhan solar tugboat per jam 

Fuel Tugboat M/E = 1.200 HP x 0,85 x 0,08 = 82 liter/jam
Fuel A/E = 5 liter/jam (standar tugboat)

Jadi kebutuhan solar 87 liter/jam

2. Menghitung jumlah hari berlabuh

Untuk menghitung jumlah hari guyss bisa baca ulasan sebelumnya tentang Menghitung waktu tempuh kapal . Jadi untuk mencapai 500 NM tugboat membutuhkan waktu  10 hari 4 jam, jadi kita konversi hari ke jam menjadi 244 jam

Oce guys... udah ketemu dengan dua langkah diatas, tugboat 1.200 HP dengan jarak tempuh 500 NM membutuhkan kebutuhan solar 244 jam x 87 liter = 21.228 liter sekali berangkat

 So... apa jadinya jika kita kita menghitung jumlah solar, jika kelebihan estimasi solar kapal tetap sampai sampai tujuan , nah jika estimasinya terlampau kecil maka kapal akan kehabisan solar di tengah perjalanan, kalau mobil habis minyak tinggal isi di POM bensin terdekat, ini kapal guysss bisa terombang ambing dilautan dan juga mengancam keselamatan crew kapal.
Jarak tempuh kapal yang melewati lautan baiknya dilebihkan kebutuhan solarnya, faktor lain yang mempengaruhi jarak tempuh yaitu WEATHER atau CUACA .

Semoga bermanfaat


25 komentar:

Papuan Kids said...

BD 0.85 yang di rumus itu artinya apa gan

teguh said...

Berat jenis Solar 0,85 ton/M3,

Anonymous said...

Mas teguh, Dari mana didapat angka 0.05 untuk usia kapal < 5 tahun? apakah ada ketentuan? jika ada dimana kita bisa dapat angka-angka tersebut untuk setiap usia kapal?

Max Mezac said...

Dalam perhitungan diatas apakah sudah termasuk RPM? karena besar atau kecilnya pemakainan bahan bakar itu tergantung berapa besar putaran mesin (RPM). mohon penjelasannya

teguh said...

sudah dihitung average RPM

Max Mezac said...

Mohon penjelasan mengenai usia mesi kapal (0.08 s/d 0.20)
Index usia kapal tersebut dapat darimana atau ditentukan oleh pembuat mesin kapal tersebut, jika benar dapat dilihat dimana dari buku petunjuk mesin. terimakasih

Max Mezac said...

Berat jenis solar 0.85 gram/cm3 atau 0.85 ton/M3

Alia parker said...

The little details make a big difference when it comes to how much electricity you can generate. As part of our quoting process, we use advanced software to create a 3d map of your home, even including the shape of your trees. This enables us to show you all the available options on where to install your panels – as well as how much electricity you’ll generate and how much you’ll save on bills. Photovoltaic installers

Harry jack said...

When the establishment has been done the energy is free since the board doesn't need customary upkeep or fuel to run it. It additionally requires no crude materials for its activity. SunRoof Solar

Unknown said...

Maaf bang mau tanya untuk speed diatas dijalaskan 2knot,,bgmn memasukkanx dalam perhitungan bang

Unknown said...

Trus bgmna dengan Rpm

Anonymous said...

Belajar lagi ya nak.. perhitunganmu belum memenuhi stdard SI dan fabrication and IMO.
Good luck

teguh said...

Iya Bapak siap belajar, mohon petunjuknya yang memenuhi standar seperti apa boleh dibantu share disini pak, sehingga bisa bermanfaat bagi lainnya

smith22 said...

Untuk estimasi/perkiraan kebutuhan bahan bakar kapal tidak ada standarnya, namanya juga perkiraan, jadi yg dipakai adalah rumus pendekatan, yang penting mencukupi untuk jarak pelayaran tertentu.
Dalam hal merancang kapal,dipakai juga rumus-rumus pendekatan untuk menghitung kebutuhan bahan bakarnya kaitannya dengan dwt dan ukuran tangki bahan bakar.Jadi sah saja kalau menggunakan rumus pendekatan.
Dalam dunia perkapalan penggunaan rumus pendekatan sudah lama digunakan untuk menghitung ukuran kapal, koefisien, kebutuhan air tawar,dll termasuk kebutuhan bahan bakar.

Angka 0,08 s/d 0,20 adalah koefisien, nilai yg diambil dari rata-rata konsumsi bahan bakar, mulai dari mesin yg masih baru sampai mesin yg sudah lama dipakai,dari berbagai merk mesin.

teguh said...

Terim kasih atas kunjungannya 🙏

Unknown said...

clearly, It is an engaging article for us which you have provided here about caterpillar marine engines This is a great resource to enhance knowledge about it. Thank you

teguh said...

thank you for visiting

Hadi dan Geishara said...

Mas Teguh, fuel A/E itu apa ya?
Terimakasih

Hadi dan Geishara said...

A/E itu Aurxiliary Engine ya

Unknown said...

u umur engine > 10 th berapa nilai pendekatan koefisiennya ?

Unknown said...

Terus bagaimana dengan muatan?? Arus angin ddari belakang atau dari depan? RPM sama tapi muatan beda, dan kapal lawan arus, aoakah pemakaian sama???

Clauss Marine said...

This is excellent information that is shared by you This information is meaningful and magnificent for us to increase our knowledge about it. Keep sharing this kind of information. Thank you. Read more info about stern drive engineering.

Unknown said...

Maaf menurut saya rumusnya gak bisa dipakai jadi patokan mas. Jauh melesetnya mas. Coba mas hitung untuk hp 1600 dgn rpm 1000 aja kalau pakai rumus mas itu jauh meleset mas

robertlee2388 said...

boleh tahu ga mas.... itu perhitungan nya blm germasuk jarak ditempuh kah? mohon petunjuk ya mas.... misalnya jarak yg akan ditempuh itu 1030 Km jadi gimana kita hitung?

Rumah-Ungu said...

Mas saya mau tanya pemakaian bbm / solar kapal tug & barge dengan muatan dan kapal dalam keadaan kosong, bagaimana cara menghitungnya ? apakah sama pemakaian solar kapal kosong dengan kapal yang ada muatan . terima kasih sebelumnya