Join This Site
Menumbuhkan setelah proses penanaman kemudian dilakukan pemanen kayu yang merupakan bagian dari proses pembangunan Hutan Tanaman Industri sehingga dalam proses pemanen kayu dibutuhkan alat berat yang effektif dan effisien baik dalam segi produktifitas (hasil) juga low cost (biaya rendah), untuk mengenal jenis alat berat untuk proses pemanenan kayu HTI berikut beberapa contoh alat berat yang digunakan :


EXCAVATOR GRAPPLE

Excavator adalah alat berat yang terdiri dari lengan (arm), boom (bahu), serta bucket(alat keruk) atau Grappel (alat cepit) dan digerakkan oleh tenaga hidrolis yang dimotori dengan mesin diesel dan berada diatas roda rantai ( trackshoe). Excavator merupakan alat berat paling serbaguna karena bisa menangani berbagai macam pekerjaan seperti pada kebanyakan perusahaan HTI dalam melakukan pemanenan kayu menggunakan alat excavator jenis grappel karena menggunakan jepit untuk menjepit kayu potongan dengan dibantu alat potong chainsaw . 



DELIMBER


Dipasang pada excavator hidrolik digunakan untuk menghilangkan cabang dari pohon yang ditebang pada industri HTI.


 HARVESTER 


Sebuah alat yang canggih dipasangkan pada excavator untuk digunakan pemanenan, harvester merupakan jenis alat berat untuk pengembangan HTI yang digunakan dalam pengerjaan penebangan cut-to-length,delimbing dan bucking pohon, yang membedakan excavator harvester ini pada attachment bisa cepit,tebang,potong,cincang dan kupas kayu.






FELLER BUNCHER 

Sebuah buncher penebang adalah jenis pemanen yang digunakan dalam penebangan, alat ini adalah alat dengan mesin bermotor yang dapat dengan cepat memotong dan mengumpulkan beberapa pohon.
Sebuah buncher penebangan terdiri dari dasar alat berat standar dengan perangkat 'pencengkeram pohon' dilengkapi dengan gergaji atau pemotong .






FORWARDER

Sebuah forwarder adalah kendaraan kehutanan yang membawa kayu hasil tebangan dari batang kayu misal:acasia/eucalyptus untuk penempatan pada pinggir jalan 










SKIDDER

Sebuah skidder adalah setiap jenis alat berat yang diguanakan dalam pengerjaan penebangan untuk menarik pohon yang telah dipotong dari hutan industri dalam proses yang disebut "meluncur/skidding", dimana beban diangkut  dari tempat pemotongan untuk ditempatkan di pinggir jalan.




SKIDDER CLAM-BUNK

Sebuah skidder clam-bunk adalah rahang hidrolik yang terbuka bagian atas untuk menahan beban pohon saat ekstraksi. Keuntungan jenis grapel ini biasanya muatan lebih banyak yang terletak diatas poros belakang.








SKIDDER LINE


Pada skidder kabel ada kabel/sling yang menjulur keluar dan melekat untuk menarik potongan kayu maka penderek menarik beban kearak skidder. Penderek memegang pohon sementara skidder menyeret kedaerah pendaratan. Alat ini kurang populer karena seseorang ( helper operator ) harus menarik tali winch untuk log dan menghubungkannya.







BULLDOZER

Alat dozer adalah jenis peralatan kontruksi bertipe tractor menggunakan track/rantai serta dilengkapi dengan pisau (dikenal dengan blade) yang terletak di depan. Bulldozer diaplikasikan untuk pekerjaan menggali, mendorong dan menarik material. Pada proses hutan industri digunakan untuk kegiatan kebersihan lahan tanpa bakar / land clearing, biasanya digunakan untuk wilayah darat, dewasa ini bulldozer tidak lagi digunakan untuk pembersihan areal setelah penebangan kayu dikarenakn menggerus top soil (lapisan tanah subur) jadi pada hutan industri bulldozer digunakan untuk infrastruktur jalan.


Semoga informasi mengenai jenis alat berat untuk proses pemanenan kayu HTI dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Terima kasih

Salam,
Forester






3 komentar:

Anonymous said...

thank you brooo

teguh said...

Sama2 bos. Terima kasih sudah singgah

Putra said...

Sewa fuller buncher di indonesia PT apa ya yang bisa provide pak?