Join This Site
Berawal dari mencoba membuat roti sendiri (ceritanya hoby baru selain memasak nasgor hehehe) ratusan resep pun sudah dikantongi dari kue bolu, Bika Ambon, black forest dan masih banyak lagi resep dari mbah google, untuk membuat kue kan dibutuhkan oven mulai deh searching oven listrik, lirik sana sini dari toko ke toko wah ada yang cocok setelah melihat kebutuhan watt ..... waduh puter haluan alias tidak jadi hehehehe , so akhirnya jalan-jalan ke pasar tradisional disitu saya nampak pengrajin pembuatan baking atau oven bakar/oven trangkring/oven kompor apapun itulah disebut yang pasti ga pake listrik langsung deh bungkus bawa pulang. mulailah saya penasaran untuk segera mencoba resep ini itu dan akhirnya lesu nengok hasilnya kalo gak gosong, kuenya buntet atau lembek pokoknya gak sempurna deh hasil akhirnya padahal sudah membuat adonan dan campuran sesuai resep bahkan sampai tata caranya step by step diikutin, akhirnya berhenti sejenak deh gak coba buat kue lagi tapi   mikir....apa yang gak suksesnya membuat kue karena saya memang orangnya sangat penasaran dan pantang mundur jika belum selesai.
Setelah istirahat satu bulan lebih nih ga bikin kue (takut gagal lagi bila dengan cara yang sama hehehe), suatu malam jalan-jalan ke Mega Mall Pontianak kebetulan mampir ke Ace Hardware disitu saya menemukan kumpulan pengukur suhu buat daging kue dll, kemudian saya baru terlintas dalam pemikiran saya mungkin gak sih gagalnya kue bisa gosong dan gak masak sempurna disebabkan tidak ada "termometer" pengukur suhu maklum oven bakar hihihi... singkat cerita bawa pulang salah satu termometer tersebut dan langsung dipasangkan di oven bakar di rumah.

Peralatan yang dibutuhkan yaitu :
1. TERMOMETER seperti pda gambar 1
Gambar 1













2. Peralatan yang dibutuhkan  ada bor + mata bor, obeng dan tang

Gambar 2

Setelah dirangkai langsung dipraktekkan untuk membuat adonan kue dan alhasil jadi  deh hehhehee, jadi selama ini buat kue gagal karena memanggang pake perasaan temperatur.



Hoby memasak atau membuat kue itu melatih kepekaan rasa yang paling dalam dan seni cita rasa, dan hasilnya buat sekeluarga tentunya menggunakan bahan yang terbaik dan bebas pengawet serta Hallal.

Kelebihan oven bakar ini untuk start up pemanasan oven gak begitu lama seperti oven listrik dan bahan bakar gas yang lebih hemat.

Filsafat Membuat Roti :
" Jangan pernah berpikir apakah rotimu akan jadi? apakah rotimu akan enak? tapi memasaklah sepenuh hati, karena perasaanmu akan tersalurkan ke masakanmu.... jika kamu ragu-ragu saat memasak, bisa dipastikan masakanmu tak akan sempurna.... "

Filsafat membuat roti bisa diaplikasikan juga ke dunia kerja "Jangan Ragu-ragu dalam melangkah" pakai rasa jiwa yang dituangkan dalam hasil dan prestasi yang nyata walau belum tentu sempurna, tetap terus mencoba dan jangan berandai-andai nanti hasilnya seperti apa.

Cukup sekian dulu sampai jumpa lagi dipembahasan selanjutnya, semoga bermanfaat buat pembaca budiman.

0 komentar: