Join This Site
"Think outside the box" kata bahasa kekinian tapi sangat jarang bisa ditemukan didiri setiap individu seperti saya sendiri sebagai penulis hanya sebagai karyawan suatu perusahaan yang masih terus menggali dan belajar bagaimana bisa menjadi orang berbeda .... differen people, yaitu dengan berpikir di luar kotak atau berpikir dari biasa rutinitas.

Berpikir di Luar Kotak berarti anda akan membuang suasana yang menyelubungi anda, melangkah keluar dari kebiasaan, meninggalkan semua pengalaman anda,pola pikir & sikap, dan mulai melihat dari sesuatu dari perspektif yang sama sekali berbeda:luar kotak, tanpa filter, berisi, terbuka untuk saran, bersedia untuk berempati dengan pendapat orang lain dan berpikir apa yang tidak ada orang lain yang pernah memikirkan.
Bagi saya pribadi berpikir diluar kotak tidak hanya hal tersebut diatas tetapi juga keterbukaan, tidak keras kepala bertahan pada pendapat saya sendiri dan untuk mengubah opini ketika orang lain membuktikan saya salah atau keliru. Kedengarannya sederhana tetapi anda tidak akan percaya berapa banyak orang keras kepala bertahan pada pendapat mereka sendiri dan berlama-lama di dalam mereka sendiri "kotak" bahkan jika mereka benar-benar salah, tapi itu juga semua masalah "ego".

Cara berpikir di Luar Kotak??

Kemampuan untuk berfikir diluar kotak membutuhkan sesuatu hal yaitu Kreatifitas . Orang yang kreatif menemukan pendekatan untuk "berpikir diluar kotak"  merupakan bagian dari aspek kehidupan mereka, kebanyakan dengan memiliki karakteristik  membantu mereka untuk mencari nafkah.

Latihan berikut akan membantu anda untuk merangsang kreatifitas dan mendorong anda untuk mencari solusi lain dalam menyelesaikan tugas :


  1. Ambil Selembar kertas
  2. Tuliskan tugas yang menantang
  3. Tuliskan bagaimana anda bermaksud akan menyelesaikan tugas
Sangat baik setelah anda memiliki tugas yang menantang  dan langkah demi langkah menghadirkan solusi yang siap pakai pada bagaimana anda biasanya akan berencana untuk menyelesaikan tugas.
Versi yang berbeda tugas ini akan mengatur dari tugas yang menantang dan kemudian mencoba mendatang banyak cara ,ide dan solusi untuk mencapai tugas itu. Cobalah untuk mendorong diri sendiri setiap kali anda terjebak selama latihan untuk menemukan solusi yang lebih.

Melangkah ke Dunia Lain.

Melangkah ke dunia lain adalah suatu cara yang paling efisien untuk mengubah perspeksi anda dan menemukan wawasan yang tetap dan benar-benar tidak anda tau. Tapi bagaimana ke  dunia lain, selain cukup mahal untuk melancong.
Ada begitu banyak melangkah ke belahan dunia lain yang sama sekali berbeda , misalnya dengan pergi ke perpustakaan atau berseluncur di browser/internet hanya cukup modal internet, di situ anda akan dapat mengumpulkan begitu banyak pengetahuan tentang berbagai topik yang berbeda.

Reframe

Saya benar-benar senang untuk membingkai ulang hal yang menempatkan mereka dalam konteks lain  seperti "Gelas itu setengah penuh" akan menjadi versi  lain dibingkai dari "Gelas setengah kosong" dengan sekali berbeda arti dan lebih positif. Refreming juga akan membantu anda untuk melangkah keluar dari kotak dan untuk melihat hal-hal diluar kotak;dari perspektif berbeda.
  • Jangan berpikir Rutinitas
Reframe memberikan kemungkinan untuk mengubah arti dari sebuah situasi tugas ataupun masalah, yang secara umum mengubah pemikiran dari sudut pandang anda.

Trial And Error

Kemauan untuk mencoba hal-hal lain tidak hanya membutuhkan keberanian tetapi juga kesiapan batin untuk gagal dan membuat kesalahan. Setiap anda siap untuk mencari solusi dari semua masalah yang ada, anda memiliki kesempatan untuk menemukan cara dalam memecahkan apapun yang anda hadapi, namun jika anda tidak pernah mau mencoba maka anda sampai kapanpun tidak akan menemukan solusi, tidak pernah. 
Kesalahan adalah cara yang bagus untuk melihat sesuatu dari perspektif lain, mengakui kesalahan anda sebagai kesempatan anda dalam belajar dan anda membuat pendekatan kesalahan  itu positif. Anda mendapatkan pengalaman baru bertujuan untuk tidak mengulang kesalahan yang sama pada waktu berbeda.

Itulah secuil kata mengenai  "berpikir diluar kotak" yang akan menjadi pribadi saya sendiri dan masih akan terus menggali dan berusaha mengambil sudut pandang berbeda didunia kerja dan semoga bermanfaat buat pembaca.

0 komentar: