Join This Site

Kebanyakan para orang tua baru merasa ada yang salah pada anak ketika di usia 1 tahun atau lebih, anak belum bisa bicara atau berjalan. Disaat kemampuan anak tak sesuai dengan anak anak lain seusianya, ortu sepatutnya curiga dengan proses tumbuh kembang buah hatinya karena ketidak mampuan tersebut bisa jadi merupakan pertanda awal adanya keterlambatan tumbuh kembang anak.

Usia pertumbuhan dan perkembangan pada anak yaitu usia 0-5 tahun adalah masa-masa dimana anak belajar hal seperti biacara, jalan,mengerti benda disekelilingnya, mengenai angka dan huruf, serta belajar mengerjakan hal sehari-hari. Pada anak yang mengalami gangguan tumbuh kembang proses pembelajaran ini terlambat sehingga ketika seharusnya kemampuan tersebut dikuasai anak masih belum menguasai secara maksimal.

PERTUMBUHAN (growth) berkaitan dengan perubahan dalam ukuran fisik, oleh karena itu pertumbuhan dapat diukur dalam sentimeter dan dalam kilogram, pengukuran meliputi panjang badan ataun tinggi badan , berat badan, dan lingkar kepala yang harus dilakukan secara rutin dan berkala untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan anak. Semua hasil pengukuran dicatat dalam suatu tabel standar.

PERKEMBANGAN (development) berkaitan dengan perkembangan dan penambahan kemampuan fungsi organ serta menunjukkan bertambahnya ketrampilan dan fungsi kompleks. Kedua proses ini merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling terkait yaitu faktor genetik,lingkungan bio-fisiko-psiko-sosial dan faktor perilaku yang terjadi secara sinkron. Proses ini bersifat individu dan unik sehingga memberikan hasil akhir yang berbeda dan ciri tersendiri pada setiap anak. Anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda beda namun demikian ada rentang waktu yang perlu diperhatikan untuk memberikan peringatan apakah anak berkembang dengan normal.


GANGGUAN TUMBUH KEMBANG ANAK

Annak tumbuh berkembang dan belajar sepanjang hidupnya dimulai saat lahir. Perkembangan anak dapat diikuti dari bagaimana ia bermain, belajar, berbicara, dan bertingkah laku, keterampilan seperti langkah pertama, tersenyum untuk pertama kali dan melambaikan tangan adalah berbagai macam milestone tumbuh kembang anak. Anak anak akan mencapai milestone dalam bidang seperti bermain, belajar, kemampuan bahasa, tingkah laku dan motorik  (Tengkurap,merangkak, berjalan dll).

Keterlambatan tumbuh kembang adalah dimana anak bunda tidak mencapai milestone tersebut pada saat yang sama dengan anak anak lain sebayanya. Jika anak bunda tidak berkembang dengan semestinya ada hal hal yang dapat anda lakukan untummembantui anak bunda. Dengan bantuan bunda  anak dapat mencapai potensi maksimalnya. Konsultasi ke dokter SPA tumbuh kembang dikota anda, dokter akan melakukan skrining untuk mengetahui apakah anak bunda telah mempelajari ketrampilan tertentu disaat yang tepat, ataukan anak bunda mengalami masalah dalam perkembangan , dokter akan bertanya kepada bunda atau berbicara dan bermain dengan anak bunda selama pemeriksaan untuk mengetahui bagaimana anak bunda belajar, berbicara, bertingkah laku, dan bergerak.

Jika keterlambatan tumbuh kembang tidak dikenali sejak dini, intervensi yang dibutuhkan oleh anak juga akan terlambat. Hal ini selanjutnya dapat menyebabkan kesulitan belajar saat masuk sekolah.
Di Amerika ada sebanyak 17% anak anak mengalami gangguan tumbuh kembang anak seperti autisme, retardasi mental dan ADHD, selain itu banyak anak mengalami keterlambatan dalam bahasa dan area lainnya, tetapi lebih dari separuh anak tersebut telah diidentifikasi sebelum masuk usia sekolah, sehingga mendapatkan intervensi yang tepat oleh dokter anak dan kemungkinan mampu untuk masuk sekolah dan belajar seperti anak-anak seusianya.

Istilah keterlambatan tumbuh kembang anak
1.       Autisme merupakan ketidak mampuan berkembang yang disebabkan oleh masalah pada otak.
2.       ADHD (attention deficit hyperactivity disorder merupakan kelainan kesulitan untuk memusatkan perhatian
3.       Retardasi mental merupakan istilah bila terdapat keterbatasan pada seseorang untuk belajar sesuai level yang diharapkan serta dalam menjalankan fungsinya sehari hari.

Semoga informasi ini bermanfaat buat semua pembaca dalam memantau pertumbuhan anak.


0 komentar: