Join This Site


Haiiiiiiiii Sobat Semua... Assalamualaikum
Alhamdulilah saat ini kita masih dalam lindungan Alllah SWT atas karunia dan hidayahnya hingga kita masih diberi kesehatan, baik saya dan pembaca budiman . amin...
Kali ini saya ingin mengingatkan kepada sobat semua yang merasa dirinya mampu atau sudah berkecukupan sebisanya untuk bersedekah, Karena mengingatkan untuk sedekah merupakan bagian dari pada ibadah. berikut diambil dari beberapa sumber:

Diawali dari 5 rukun islam :

1. Mengucapkan dua kalimah syahadat
2. Menegakan Sholat
3. Menunaikan Zakat
4. Puasa di bulan Ramadhan
5. Menunaikan Ibadah Haji bagi yang mampu



Sedekah/zakat urutan ke 3 dari 5 rukun islam,
Zakat terbagi atas dua jenis yakni:
1. Zakat fitrah
Zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan suci Ramadan. Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,7 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan.
2. Zakat maal (harta)
Zakat yang dikeluarkan seorang muslim yang mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing jenis memiliki perhitungannya sendiri-sendiri


Dari segi bahasa, zakat berasal dari kata zaka yang artinya berkah, tumbuh, bersih dan baik. Sedangkan secara istilah fiqih, zakat diartikan “sejumlah harta tertentu yang diwajibkan Allah diserahkan kepada orang-orang yang berhak”.
Betapa pentingnya kedudukan zakat bagi seorang muslim. Perintah yang berzakat secara tegas diantaranya dalam QS Al Baqarah 110, “Dirikanlah oleh kalian shalat dan bayarlah zakat”.




Nah sudah jelaskan sobat semua seperti halnya saya seorang karyawan yang menerima gaji setiap bulannya maka ada haknya 2,5% dari gaji kita untuk disisihkan bagi orang lain yang membutuhkan. Kita harus bersyukur karena selama ini kita telah dikaruniai nikmat yang lebih besar, kita bisa makan enak tiap hari, kita bisa pakai baju bagus dan masih banyak orang lain yang tak seberuntung seperti kita.

Dengan sedekah kita akan dibukakan pintu rejeki, dilimpahkan nikmat dan ketenangan, dijaga kesehatan.
Jadi mari sobat semua budayakan untuk beramal dan sedekah, Ingat, memberi merupakan "senjata" super ampuh untuk melipat-gandakan "kekayaan" kita dalam waktu singkat.
Memberi adalah satu-satunya kondisi di mana kita bisa melepaskan diri dari lingkaran setan "LEBIH BESAR PASAK DARIPADA TIANG"






"



Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (berikanlah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik... Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk untuk kamu berikan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya tanpa memicingkan mata terhadapnya. Sesungguhnya, Allah Maha Kaya dan Maha Terpuji"
~Q ur'an: Surat Al-Baqarah: 267~ 





Janji Allah: "Kami akan menambah pemberian Kami kepada orang-orang yang berbuat baik".

~ Qur'an: Al-Baqarah: 58 ~ 

Kapan sobat semua akan bersedekah????

Yuk.....mari kita bersedekah..... bila bingung gimana menghitungnya silahkan pilih "KALKULATOR ZAKAT" di daftar menu blog saya.

Semoga bermanfaat buat sobat semua .


0 komentar: