Join This Site
Banyak yang kita tahu umumnya kain terbuat dari serat alami seperti katun, wol, rami dan sutra, sedangkan serat buatan disentesis dari petrokimia seperti nilon dan polyster. TENSEL adalah nama merek yang dimiliki oleh Lenzing Fibers dari Austria untuk jenis Lyocell/liosel, Tensel adalah kain yang sekeren Linen sehangat Wol yang memiliki nuansa seperti Rayon tetapi jauh lebih mudah untuk perawatannya, tahan kerutan dan cepat kering.

Kenyamanan dan kemewahan adalah hal yang dapat disimpulkan dari kain yang ramah lingkungan, salah satu manfaat terbaik dari kain tensel adalah serat alami dan biodegradable. Tensel terbuat dari selulosa yang berasal dari pulp kayu, Pulp kayu dipanen dari pohon kayu keras yang tumbuh dari pertumbuhan kayu alami oleh perusahaan industri hutan dimana biasanya pulp kayu digunakan untuk menciptakan kertas tapi selain menghasilkan kertas dibantu dengan teknologi modern bisa disulap menjadi kain. Liosel sebagai serat baru yang merupakan tonggak dalam pengembangan tekstil lingkungan yang berkelanjutan. Selulosa adalah polimer alam yang membentuk sel-sel hidup dari semua vegetasi. Serat yang dihasilkan melalui loop tertutup proses pemintalan pelarutan canggih, dengan dampak minimal pada lingkungan dan penggunaan ekonomis energi dan air. 

Seperti kain katun yang diproduksi secara konvensional, ada banyak langkah dan proses yang terlibat dalam mengambil liosel dari serat kain. Langkah-langkah utama adalah :
  1. Membuat larutan pelarut dari bubur kayu/pulp
  2. Berputar serat liosel dari lauran pelarut
  3. Mencuci serat liosel untuk menghapus pelarut
  4. Pencelupan serat dan  memproduksi benang
  5. Finishing untuk menghasilkan kain liosel
Selulosa adalah salah satu sumber daya alam yang melimpah, Sejarah dari serat selulosa kembali dimulai ke tahun 1860-an, ketika serat Rayon pertama dikomersialkan oleh Courtaulds . Tetapi proses Rayon disebut termasuk proses perawatan kimia beracun untuk memblokir kelompok hidroksil dari selulosa untuk mempersiapkan solusi pemutaran , kadang-kadang menyebabkan masalah ekologi.


Banyak upaya telah dilakukan untuk menciptakan pelarut baru untuk langsung membubarkan selulosa dan beberapa hasil telah sukses dilaporkan, diantaranya N Methylmorpholin-N-Oxide (NMMO) hidrat ternyata menjadi pelarut terbaik yang mengarah ke keberhasilan komersial serat selulosa dengan nama dagang TENSEL oleh Courtaulds pada tahun 1994.

Proses Lyocell The Courtaulds  

Sistem Produksi semi-komersial Courtaulds diilutrasikan dalam gambar 1. Melarutkan bubur kayu kelas dicampur menjadi pasta dengan NMMO dan melewati unit pelarut suhu tinggi untuk menghasilkan solusi kental yang jelas. Disaring dan dipintal menjadi encer NMMO, dimana serat selulosa diendapkan. 

PULP 
↓ 
NMMO → MIXING 
 DISSOLUTION (HOT) 
 FILTRATION
 ↓
 SPIN / STRECH
 ↓
 WATER → WASHING 
 DRYING
 ↓
 STABLE FIBRE OR TOW

Gambar 1

Serat Lyocel memiliki energi permukaan yang relatif rendah, yang membuat sulit untuk pewarna untuk mengikat. Tergantung pada kecenderungan ideologis mereka, fasilitas manufaktur mungkin menggunakan berbagai proses kimia, mandi enzim, dan perawatan pewarna yang mungkin atau mungkin tidak , menjadi ramah lingkungan. Enzim adalah bio-bahan kimia digunakan untuk melemahkan rambut permukaan kain sehingga mereka dapat dihapus untuk mencegah pilling berlebihan. 

Pembuatan serat liosel memang memiliki manfaat lingkungan dan ekologi yang signifikan. Sebagian besar kekawatiran tentang liosel dari penggunaan kadang-kadang berat bahan kimia untuk mengubah serat liosel ke dalam pakaian. Bagi orang yang sensitif kimia perlu pertimbangan lagi untuk menggunakan pakaian liosel dari Tencel yang diproduksi di Eropa.

Itulah catatan saya tentang kain yang terbuat dari bahan baku dari kayu, semoga menambah wawasan dan manfaat bagi kita semua. 


0 komentar: