Join This Site
Hai sobat semua kali ini saya akan membagi sedikit informasi mengenai perbatuan, trend saat ini sedang maraknya mengenai batu akik, batu mulia dll, saat dikeramaian waktu saya pulang off dari dan ke Jawa - Borneo dibandara hampir semua pelancong memakai batu cincin yah minimal 1 lah, macam -macam batu itu ada banyak banget perlu sobat ketahui dari batu akik, bacan, kecubung, safir, ruby, jamrud, permata dll.
Nah sobat semua Indonesia saat ini sedang wabah demam batu mulia sehingga dengan meningkatnya permintaan pasar maka banyak penjual batu dadakan/tiban dengan menawarkan berbagai harga variasi karena banyak pemintaan penjual pun banyak yang menjual batu palsu/sintetis. Tentunya sobat semua jangan sampai salah dalam membeli batu apalagi dengan harga yang mahal itu bukan jaminan batu tersebut asli. Untuk mengetahui batu tersebut itu asli/palsu berikut cara membedakannya:

1.      Mengujinya dengan memperhatiakan urat-urat alam yang nampak pada batu dengan senter khusus, untuk melihatnya diperlukan alat pembesar/loop/microskop, untuk batu asli pasti ada serat nampak seperti garis-garis dipastikan tidak ada gelembung dalam batu tersebut. Tahap ini dilakukan oleh orang yang ahli/mengerti batu.

2.      Batu sintesis itu bening dan tidak akan terlihat serat-serat didalamnya, sifatnya mudah tergores/lecet jika terjatuh atau digesek dengan benda keras lainnya.

3.      Untuk lebih bagusnya batu tersebut diuji di laboratorium batu permata/batu mulia .

4.      Testing batu permata dgn meneteskan air di permukaannya tapi ini bukan metode baku dan Tetesan air tersebut tdk akan pecah.

5.      Batu asli memiliki berat dan kalau ditempel di pipi/wajah terasa dingin sedangkan sintesis/masakan tidak terasa, dan batu asli mudah beradaptasi dengan suhu disekelilingnya.



 Sayapun hoby batu seperti sobat semua kata orang biar gak ketinggalan trend , selain beli batu import saya juga hunting di lokasi quary tempat pengambilan tanah tempat saya bekerja, jadi digosokkan ke tukang gosok batu so pasti batunya dijamin ASLI
Ok Sob selamat berburu batu ..............


0 komentar: